AC Tidak Dingin Walau Habis Dibersihkan? Ini Penyebabnya – Pada dasarnya, kamu mencuci AC secara rutin untuk menjaga performa unit tetap optimal dan memastikan udara yang dihasilkan menjadi semakin dingin.  Dengan melakukan perawatan pada komponen seperti filter, evaporator, dan kondensor dapat meningkatkan kemampuan untuk mendinginkan ruangan dengan cepat. Namun, pemilik AC sering merasa kecewa, terutama jika unit yang telah dibersihkan tidak dapat mendinginkan ruangan secara optimal. 

Artikel kali ini membahas penyebab mengapa AC tidak dingin setelah kamu melakukan perawatan. Simak penjelasan di bawah ini untuk informasi selengkapnya!

Penyebab Mengapa AC Tidak Dingin Setelah Kamu Bersihkan

Kamu mungkin pernah mengalami masalah ketika AC (Air Conditioner) tidak menjadi dingin, meskipun sudah menggunakan jasa pembersihan AC. Namun tahukah kamu, ternyata ada faktor lain selama proses pembersihan yaitu:

1. Kebocoran Freon AC

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mencari kebocoran freon pada Unit. terutama jika kamu menggunakan jasa pembersihan AC biasanya unit akan dibersihkan kemudian akan diisi freon. Namun, jika ada kebocoran, kamu harus memperhatikan kondisi freon.

Ketika freon bocor maka jarum distributor menjadi nol, yang menunjukkan bahwa tekanan freon telah habis. 

Berikut adalah cara mengatasi AC yang tidak dingin karena kebocoran freon: 

  1. Terlebih dahulu unit untuk dibuka bagian dalam dan luar, termasuk membuka bungkus armaflex pada pipa AC. Jika sudah isi freon hingga penuh biasanya 80-90 psi.
  2. Selanjutnya kamu dapat memeriksa lokasi kebocoran yaitu dengan melakukan tes dengan air sabun dan spons. Oleskan pada baut penghubung (nepel) dan sambungan pipa tembaga. Anda dapat menemukan bahwa lokasi lubang adalah titik dengan gelembung.  
  3. Kamu dapat juga mengawasi kebocoran oli dari sambungan pipa dalam dan luar. Jika tidak ditemukan, unit mungkin mengalami kerusakan kecil. Maka kamu dapat mengecek dengan cara melakukan penyedotan debu atau menambahkan air apakah terdapat gelembung udara.

Baca Juga: Kapan Sebaiknya Anda Isi Freon AC?

2. Masih Ada Debu

Penyebab lainnya adalah terdapatnya kotoran atau debu yang tersisa dari kegiatan pembersihan. Selain itu, jika Anda tidak menjadwalkan pembersihan AC secara berkala, debu dan kotoran akan menumpuk dan AC akan menjadi sangat sulit untuk dibersihkan. 

3. Sambungan Kurang Rapat 

Sambungan yang kurang rapat bisa menjadi penyebab AC tidak menjadi dingin. Terlebih lagi, jika setelah melakukan pembersihan komponen-komponen tidak dipasang secara sempurna. Selain itu, sambungan yang longgar dapat juga mempengaruhi aliran udara dalam unit dan menjadi penyebab dalam efisiensi pendinginan. 

3. Filter Udara Tersumbat

Filter udara yang tersumbat adalah  penyebab paling umum mengapa AC tidak dingin. Penyaring ini berfungsi untuk menyaring debu dan partikel kotoran dari udara yang masuk ke dalam unit AC. Jika filter terlalu kotor atau tersumbat, aliran udara akan terhambat, sehingga AC tidak dapat menghembuskan udara yang cukup dingin.

4. Kerusakan pada Komponen Elektronik

Komponen elektronik seperti kompresor, kondensor dan evaporator sangat penting dalam mengontrol suhu fungsi dasar AC. Jika salah satu komponen tersebut mengalami kerusakan, maka AC tidak dapat berfungsi dengan baik meskipun sudah rajin untuk dibersihkan. 

Baca Juga: Komponen AC Yang Perlu Kamu Ketahui Jenis dan Fungsinya

5. Salah Mengatur Thermostat

Jika kamu memiliki AC split wajib untuk melihat thermostat secara rutin. Terlebih lagi jika unit yang anda miliki muncul tanda-tanda seperti mengeluarkan suara dan udara panas. Maka kamu dapat mengalihkan pengaturan thermostat ke mode statis.  

6. Penurunan Kualitas Kompresor

Penurunan kualitas kompresor, yang merupakan komponen penting dalam sistem pendinginan ruangan, dapat menyebabkan AC tidak dingin setelah dicuci. Hal ini dapat menyebabkan mesin mati atau udara keluar tidak dingin. Akibatnya, kompresor tidak dapat memompa atau mensirkulasikan freon ke seluruh bagian pipa instalasi dari kondensor ke evaporator dan kembali ke kompresor.

7. Sensor Terkena Air atau PCB Modul

Selama proses pencucian, terdapat resiko yang terjadi yaitu sensor suhu atau PBC (Printed Circuit Board) modul terkena air. Sehingga sensor tidak dapat mendeteksi suhu ruangan dengan akurat. Selain itu juga mempengaruhi kinerja AC seperti lampu berkedip, hembusan angin yang tidak sesuai atau bahkan mesin yang tidak berfungsi atau mati. 

Sebelum dipasang, PCB atau sensor modul AC yang terkena air harus dikeringkan. Kemudian kamu dapat coba mulai ulang modul.  Namun jika permasalah tersebut belum terselesaikan, kamu dapat menghubungi teknisi AC untuk mengatasi permasalah tersebut. 

Jadi, meskipun AC telah rutin untuk menjaga performa optimal dalam mendinginkan ruangan. Ternyata ada banyak penyebab yang dapat menjadikan AC tidak dingin setelah dibersihkan. Penting bagi kamu untuk memilih teknisi AC yang telah berpengalaman agar permasalahan tersebut dapat teratasi.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin