Cara Mematikan AC yang Baik dan Benar, Ini Tipsnya!  – Cuaca yang panas, sekarang ini mendorong kita untuk menggunakan AC agar dapat menyejukan udara. Namun, tahukah kamu cara mematikan AC juga dapat berpengaruh besar terhadap kinerja dan usia dari unit tersebut. Terutama pada saat remote AC mengalami kerusakan atau hilang. Lalu bagaimana cara mematikan AC yang baik dan benar?.

Yuk simak selengkapnya pada artikel ini

Cara Mematikan AC yang Baik: 

1. Tekan Tombol off di AC 

Salah satu  cara mematikan AC,  jika ternyata remote kamu hilang yaitu dengan menekan tombol off secara langsung pada unit yang ada. Biasanya tombol off  ini berada pada bagian depan dari AC, jika tombol power tersebut ditekan, maka AC akan mati seketika dan tidak dapat beroperasi untuk mendinginkan. 

2. Tekan Tombol Off pada Remote 

Terdapat cara lain adalah dengan menekan tombol off yang ada di remote tersebut. Cara inilah, yang biasanya seringkali digunakan untuk menghentikan pengoperasian AC karena dinilai sangat praktis dan mudah untuk dilakukan secara jauh. 

3. Gunakan Fitur Timer di Remote

Tak hanya secara manual, remote AC juga telah dilengkapi dengan fitur timer yang memungkinkan AC dapat diatur secara otomatis AC mati. Itu artinya AC dapat dimatikan secara otomatis dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga: Berikut Cara Mengatasi Remote AC yang Tidak Berfungsi

4. Gunakan Smartphone 

Selain dengan menggunakan remote, ternyata di era sekarang ini AC juga dapat dikendalikan dengan smartphone. Terlebih beberapa perangkat sekarang ini memiliki aplikasi yang dapat diunduh secara resmi dan dapat mematikan unit secara nirkabel dengan menggunakan jaringan Wifi yang sama. 

5. Gunakan Remote Universal 

Jika kamu memiliki banyak perangkat elektronik di rumah dan ingin menggunakan satu remot untuk mengontrol semua, remote universal  adalah pilihan yang bagus. Terlebih dengan remote ini memungkinkan kamu  dengan mudah mematikan unit dan perangkat lainnya secara bersamaan.

6. Gunakan Sistem Smart Home

Cara yang selanjutnya dapat kamu coba adalah mengintegrasikan AC dengan sistem smart home rumah. Terlebih melalui pengintegrasianini maka anada dapat mengkontrol dengan memberikan perintah suara kepada asisten virtual seperti Google Assistant atau Amazon Alexa untuk menghentikan pengoperasian unit.

Namun perlu diingat, penggunaan smarthome ini tentunya harus menggunakan jaringan Wifi yang sama seperti perangkat AC tersambung. 

7. Memutuskan sirkuit listrik AC

Jangan gunakan pemutusan sirkuit listrik sebagai cara darurat. Namun, jika unit terhubung dengan colokan dan soket di dalamnya, Anda bisa mencabutnya untuk mematikan AC. Setelah itu, menyambungkan kembali colokan akan menghidupkan perangkat.

Tips Sebelum Mematikan AC 

Selain ke 7 cara mematikan AC kamu juga dapat memastikan 2 cara tambahan ini, tujuannya agar unit AC yang kamu miliki dapat berumur panjang pengunaannya. Berikut ini adalah tips sebelum mematikan AC:

1. Memastikan Menunggu beberapa menit sebelum memutus aliran listrik 

Sangat penting untuk menunggu beberapa menit sebelum memutus listrik secara langsung setelah kamu mematikan unit dengan remote. Hal ini dikarnakan Arus listrik yang stabil sangat penting untuk menjaga kelancaran operasi perangkat. Karena mematikan listrik secara tiba-tiba dapat menyebabkan arus balik yang merusak komponen elektronik di dalam unit.

Beri waktu beberapa menit kepada kompresor untuk menyeimbangkan tekanannya. Selama proses ini, minyak pelumas dalam kompresor dapat kembali ke posisi awalnya, yang membantu mencegah komponen di dalamnya aus. Selain itu, memberi waktu sejenak sebelum memutus daya listrik juga dapat membantu mendinginkan perangkat. Ini akan mencegah suhu internal AC perangkat naik secara tiba-tiba, yang dapat menyebabkan kerusakan pada sirkuit.

Baca juga: Apa Saja Penyebab AC Rumah Anda Lebih Cepat Rusak?

2. Menggunakan Mode Dry Fan sebelum mematikan AC 

Mode dry fan  pada AC sangat penting untuk menjaga kualitas udara dan kinerja AC. Mengaktifkan mode fan sebelum mematikan AC akan mengeringkan kelembaban di dalam unit pendingin udara, tempat bakteri dan jamur dapat berkembang biak, merusak unit dan menyebabkan masalah kesehatan.

Mode kering, di sisi lain, berfungsi untuk mengurangi kelembaban udara tanpa mengurangi suhu secara signifikan. Dengan menggunakan mode ini sebelum mematikan AC, itu dapat membantu menjaga kelembaban ruangan pada tingkat yang nyaman dan memastikan bahwa bagian dalam Air Conditioner tetap kering. Mode ini sangat penting di lingkungan dengan tingkat kelembaban tinggi karena dapat mencegah pembentukan embun di dalam unit AC.

Jadi cara mematikan AC yang baik dan benar adalah dengan menekan tombol off di AC, atau kamu dapat menekan tombol off/  memberi timer pada remote. Jika rumah kamu memiliki akses smarthome kamu dapat menyambungkan Air Conditioner dengan Wi-Fi yang sama agar dapat mematikan AC secara nirkabel. 

Selain hal itu kamu, juga dapat memastikan bahwa jangan langsung memutus aliran listrik secara langsung agar tidak menyebabkan kerusakan dan yang terakhir untuk mengurangi kelembaban udara sebelum mematikan AC, kamu juga dapat menggunakan mode Dry Fan. 

Penting di ingat, mematikan AC sesuai prosedur dapat membuat unit lebih tahan lama. Tak hanya itu Anda dapat juga membuat AC tetap dingin dengan melakukan perawatan AC secara rutin.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin