Kenali Cara Kerja AC Portable Untuk Mendinginkan Ruangan – Bagi kamu yang ingin menggunakan AC, namun tidak repot dalam proses instalasi. Maka saat yang tepat untuk memilih menggunakan AC portable. Unit ini menawarkan kemudahan pendinginan ruangan tanpa memerlukan instalasi permanen.

Pada artikel ini, kami akan membahas tentang AC portable beserta cara kerjanya dalam mendinginkan ruangan itu. Yuk simak selengkapnya. 

Apa itu AC Portable? 

AC portable adalah unit pendingin udara yang tidak memerlukan instalasi permanen seperti AC Split. Kamu bisa dengan mudah memindahkan unit ini sesuai kebutuhan. Jenis AC ini juga sering dilengkapi dengan roda untuk memudahkan mobilitas.

Hal ini sangat bermanfaat, bagi kamu yang ingin memiliki AC namun tidak dapat melakukan instalasi secara permanen seperti rumah sewa ataupun apartment sewa. Selain itu  dengan penggunaan unit ini maka kamu hanya memerlukan untuk menyambungkan listrik dan menempatkan pembuangan udara ke jendela. 

Baca Juga: Perbedaan AC Window dan Split: Mana yang Cocok untuk Anda?

Cara kerja AC Portable 

Banyak mengira dengan menggunakan AC portable, ruangan yang ada tidak semakin dingin. Namun nyatanya dengan AC ini dapat mendinginkan ruangan, terlebih lagi prinsip dasar dalam AC dapat bekerja ternyata seperti sistem pendingin ruangan lainnya. Berikut adalah cara kerja dari AC Portable:

1. Design dan Portabilitas

Dengan design yang portable maka memungkinkan kamu untuk dapat memindah-mindahkan, sesuai dengan kebutuhan ruang yang ingin di dinginkan. AC portable dirancang agar kamu dapat memindahkannya dengan mudah.

Berbeda dengan split AC yang terpasang secara permanen. Roda dan pegangan pada AC jenis ini memudahkan kamu untuk membawanya dari satu tempat ke tempat lain tanpa perlu instalasi khusus.

Biasanya jenis A C seperti ini sangat ideal dengan ruangan yang membutuhkan pendinginan sesekali, seperti ruang tamu.

2. Siklus Pendinginan

AC portable bekerja dengan prinsip serupa dengan AC split: udara panas dari ruangan disedot dan dilewatkan melalui evaporator dingin di dalam unit. Jika sudah, nanti udara akan melewati evaporator, refrigeran yang berada di dalamnya untuk menyerap panas dari udara tersebut. 

Panas ini bisa, dapat menyebabkan refrigerant berubah wujud dari cair menjadi uap. Setelah panas diserap, udara yang lebih dingin didorong kembali ke ruangan untuk menurunkan suhu. Sementara itu, kondensor mendinginkan uap refrigeran yang mengandung panas, lalu selang pembuangan membuangnya ke luar ruangan.

3. Memiliki Teknologi Evaporative Cooling 

Dalam menurunkan suhu ruangan, AC jenis ini biasanya menggunakan sistem penghisap air (Evaporative Cooling). Air yang berada di tangki unit di pompa ke evaporator. Kemudian udara panas dari ruangan dihisap melalui filter basah. 

Jika udara panas telah melewati evaporator, maka akan menghasilkan udara yang lebih dingin. Hal tersebut dapat terjadi karena air telah menguap. Selain itu, kamu juga dapat meningkatkan efisiensi pendingin dengan memanfaatkan kantong es. Media pendingin mendinginkan udara sebelum unit menyalurkannya ke ruangan. Teknik ini tidak hanya meningkatkan kesejukan udara tetapi juga menambah kelembaban, yang membuatnya lebih nyaman, terutama di lingkungan kering.

4. Pengaturan Suhu dan Kecepatan Kipas 

Seperti unit lainnya, AC ini juga menyediakan pengaturan suhu yang akurat dan memungkinkan kamu mengatur kecepatan kipas sesuai kebutuhan. Jadi, jika nantinya kamu mendinginkan suhu dingin, kamu dapat mengaturnya sendiri. Sehingga memungkinkan fleksibilitas dalam menyesuaikan suhu ruangan dengan kebutuhanmu. 

5. Kontrol Pintar dan Timer

Dengan perkembangan teknologi, kamu kini dapat mengendalikan AC portable melalui Bluetooth atau Wi-Fi karena fitur kontrol pintar yang terpasang. Jadi nantinya kamu dapat menginstal terlebih dahulu, aplikasi yang sesuai merk dari unit tersebut. 

Baca Juga: Ingin Beli AC? Ini Tips Memilih AC Yang Tepat!

Dengan adanya, aplikasi ini memungkinkan untuk dapat mengontrol AC dari jarak jauh mulai dari mengatur suhu, mengganti mode, ada ataupun menghidup dan mematikan unit.

Selain itu, jika rumah kamu telah memiliki perangkat smart home. Unit ini juga memungkinkan kamu untuk mengintegrasikan beberapa asisten pintar, sehingga kamu dapat mengontrolnya dengan lebih mudah. Tak hanya itu saja, kamu dapat mengotomatisasi sesuai dengan kebiasaan kamu dalam menggunakan AC portable inii. 

Jadi dengan AC portable ini memungkinkian kita dapat memindah-mindah posisi AC. Terlebih lagi proses instalasi AC yang ada tidak memerlukan tempat yang permanen. Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu mengenal cara kerja dari ac portable. Pastikan kamu memilih jasa Cuci AC Abang Benerin yang terpercaya.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin