Yuk kenalan dengan fitur Self Clean Pada AC!! – Salah satu aktivitas yang tidak menyenangkan saat memiliki  Air Conditioner (AC) yaitu ketika hal harus membersihkan. Terutama jika debu dan kotoran sudah menumpuk ke dalam unit AC, maka akan terkesan merepotkan.  

Namun dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), sekarang ini terdapat AC yang dapat membersihkan dirinya sendiri dengan fitur self clean. Dengan adanya fitur ini maka kegiatan pembersihan AC akan sedikit lebih mudah, Terlebih fitur ini dapat secara otomatis untuk menghilangkan kelembaban yang memicu bakteri & jamur.  

Lalu pastinya kamu akan bertanya-tanya memang apaitu fitur self clean? Kok bisa membersihkan AC secara mandiri?. Agar dapat menjawab pertanyaan tersebut, melalui artikel ini kami akan membahas tentang fitur AC Self clean beserta definisi dan cara kerjanya. 

Definisi fitur Self Clean dalam AC 

Fitur self clean pada AC adalah sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memberikan kemudahan pada proses pembersihan bagian unit dalam AC seperti evaporator dari debu, kotoran hingga kelembaban. Fitur pembersihan ini akan  otomatis hidup saat AC telah mati, sehingga nantinya dapat mencegah pertumbuhan jamur, bakteri dan akumulasi debu. 

Baca Juga: Mode Dry Merusak AC? Berikut Faktanya!

Tak hanya itu  saja, dengan hadirnya fitur tersebut maka dapat membantu untuk menjaga kualitas udara yang dihasilkan tetap bersih, meningkatkan efisiensi energi dan memperpanjang umur pemakaian AC.

Kehadiran self clean ini membuat pemilik air conditioner dapat membersihkan secara mandiri walau hanya memiliki waktu yang terbatas. Serta dapat membuat perawatan AC menjadi lebih praktis dan nyaman.

Baca Juga: Sudah Tahu Fungsi Mode Pada Tombol Remote AC?

Fungsi Fitur Self Clean dalam AC 

Fungsi pembersihan otomatis atau yang dikenal sebagai self clean adalah sebuah fitur yang digunakan untuk membersihkan unit secara otomatis. Namun tak hanya itu saja, fitur self clean juga memiliki fungsi lain diantaranya: 

1. Menghilangkan Kotoran dan Debu 

Salah satu fungsi fitur self clean adalah membantu dalam membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada evaporator. Sehingga nantinya suhu AC tetap dingin secara optimal. 

2. Mencegah Pertumbuhan Jamur dan Bakteri 

Pada proses pembersihan ini maka unit akan selalu dibersihkan secara otomatis. Hal itu yang memungkinkan AC dapat terhindar dari jamur dan bakteri yang membuat permasalahan kesehatan. 

Cara kerja Self Clean dalam AC 

Kehadiran fitur self clean memberikan kemudahan dalam pembersihan interna pada AC secara otomatis tanpa adanya bantuan alat dan manusia. Namun perlu diingat proses pembersihan secara otomatis ini melibatkan beberapa tahapan, yaitu:

Proses self clean akan otomatis hidup, ketika unit dimatikan. Tetapi kamu juga dapat mengaktifkan secara manual dengan menekan tombol khusus yang ada pada remote AC dan biasanya remote AC ini bertulisan clean atau auto fresh. Setelah itu, AC  otomatis akan tidak beroperasi untuk mendinginkan udara, namun akan memasuki tahap pembersihan.

Jika fitur tersebut telah aktif, maka Evaporator akan dibekukan sekitar 10-15 menit yang nantinya akan membantu menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada evaporator. 

Ketika es sudah terbentuk, maka kipas akan berputar untuk mencairkan es yang ada pada proses pembekuan evaporator. Sehingga air yang dihasilkan dalam proses pencairan ini akan membawa kotoran serta mikroorganisme yang tertangkap. 

Perlu diketahui proses self clean ini umumnya memakan waktu selama 15-20 menit. Sehingga nantinya unit tidak dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan selama proses self clean.  Namun tenang saja, jika nantinya proses ini telah selesai maka unit dapat digunakan kembali untuk membuat udara lebih bersih dan segar. 

Baca Juga: Kapan Kamu Harus Melakukan Service AC

Jadi fitur self clean adalah salah satu inovasi teknologi pada AC (Air Conditioner) yang membantu untuk proses pembersihan AC secara mandiri. Dengan hadirnya fitur ini maka pengguna dapat membersihkan AC secara mandiri dengan hanya menekan tombol pada sebuah remote. Namun perlu perlu diketahui bahwa tidak semua AC memiliki fitur self clean. Maka dari itu, melakukan pembersihan manual adalah salah satu jalannya. Terlebih untuk dapat mengoptimalkan proses pendinginan.  Pastikan kamu memilih jasa Cuci AC Abang Benerin yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

Abang Benerin hadir untuk mempermudah anda yang memerlukan jasa service AC terlengkap untuk keperluan rumah, apartemen, kantor ataupun pabrik anda. Di Abang Benerin anda bisa : Cuci AC , Bongkar Pasang AC dan Perbaikan AC dengan harga yang terbaik dan mendapatkan kualitas pelayanan terbaik. Untuk mempermudah komunikasi anda dengan kami, bisa melalui : WhatsApp Abang Benerin. Ikuti akun Sosial Media Abang Benerin untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, Instagram @abangbenerin, Facebook Fanspage abang benerin